Ini Dia Kiat Merawat Orang Tua Sakit yang Bisa Anda Tiru

Tidak ada yang menginginkan memiliki badan yang sakit ataupun orang tercinta jatuh sakit. Namun, karena faktor tertentu misalnya karena faktor usia yang sudah menua sehingga menyebabkan penyakit tua datang dan membuat orang tua Anda sakit, maka mau tidak mau Anda harus merawat orang tua sakit. Sayangnya untuk merawat lansia yang sakit, Anda tidak hanya butuh fisik yang kuat namun juga mental dan batin yang kurang karena Anda butuh kesabaran ekstra dan Anda tidak tahu kapan penyakit tersebut akan sembuh.Ini Dia kiat merawat orang tua sakit

Agar Anda tidak lepas kontrol misalnya marah-marah ke orang tua Anda karena Anda merasa capek harus menjaga orang tua secara terus menerus sehingga Anda tidak merasa bebas, ada beberapa hal yang bisa membantu Anda.

Pertama adalah ketahui dahulu kemampuan diri Anda sendiri ketika Merawat Orang Tua Sakit.

Setiap orang memiliki keterbatasan dalam melakukan sesuatu. Misalnya Anda hanya bisa memasak dan waktu Anda terbatas karena bekerja, Anda bisa meminta bantuan dari perawat untuk membantu menjaga orang tua Anda. Dengan begitu, Anda tidak merasa lelah badan dan pikiran.

Kedua adalah selalu sediakan waktu sendiri.

Walaupun anda merawat orang tua Anda yang sedang sakit, namun, jangan lupa untuk selalu menyediakan waktu untuk diri Anda sendiri misalnya dengan tiduran, mendengarkan musik, merawat diri, menonton film. Cara ini dilakukan agar Anda sendiri tidak stress dan badan serta fikiran juga tidak menjadi lelah. Pengelolaan stress ini juga bisa membantu Anda untuk tetap sehat sehingga bisa merawat orang tua Anda yang sakit.

Ketiga adalah jangan lupa untuk memperhatikan pola makan Anda.

Biasanya karena selalu menjaga orang sakit, maka makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sama dengan yang sedang sakit. Atau jika tidak minat makan, biasanya hanya akan mengkonsumsi cemilan. Padahal cara tersebut bisa menyebabkan tubuh Anda kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan setiap hari. Jikapun Anda enggan makan, Anda bisa menyiapkan jenis cemilan yang sehat seperti camilan berprotein tinggi yang bisa Anda konsumsi 1-2 kali sehari, kacang almond ataupun keju, yogurt.

Keempat adalah jangan membantah.

Biasanya kesabaran orang yang merawat lansia yang sakit adalah karena merasa diejek atau direndahkan atau dihina. Padahal semakin tua seseorang maka sifatnya juga akan kembali seperti anak kecil misalnya merajuk. Anda bisa membantah jika hal yang diucapkan tidak sesuai dengan yang terjadi namun gunakan kata-kata yang sopan agar tidak menyakiti hati orang tua.

Kelima adalah ambil nafas dalam-dalam.

Ada kalanya walaupun Anda sudah sabar, emosi Anda perlahan naik dan membuat Anda marah. Saat Anda merasa emosi sudah memuncak, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan pernafasan dalam lalu hembuskan secara perlahan-lahan sehingga emosi Anda bisa perlahan menurun, lebih tenang dan juga stres menjadi lebih terkontrol. Anda bisa mencoba untuk meditasi seperti yoga untuk membantu mengatur tingkat emosi Anda.

Baca terus zingfo.net agar tidak ketinggalan media trend terkini

Keenam adalah bergabunglah dengan komunitas.

 

Ada banyak penyakit orang tua yang tidak bisa disembuhkan misalnya diabetes melitus yang membuat Anda mau tidak mau harus merawat orang tua sakit dalam jangka waktu yang lama apalagi jika penyakit tersebut sudah masuk tahapan serius. Karena hal tersebut, Anda butuh support atau teman untuk berbagi dan hal tersebut bisa terjadi jika Anda juga bertemu dengan orang yang mengalami hal yang sama. Sehingga dengan bergabung ke komunitas, Anda bisa saling berbagi pengalaman dan mendapatkan solusi untuk masalah Anda seperti rumah sakit yang tepat atau terapi yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Leave a Reply